-->

Wednesday 27 January 2016

Ternyata Ini Bumbu Rahasia Nasi Goreng Agar Enak dan Lezat !!! Mau Coba?

Ternyata Ini Bumbu Rahasia Nasi Goreng Agar Enak dan Lezat !!! Mau Coba?

Inilah Rahasia Membuat Bumbu Nasi Goreng Yang Enak -  Pastinya anda sudah sangat penasaran, bagaimana sich cara membuat nasi goreng agar enak dan lezat? Tanpa basa-basi lagi, langsung saja simak resep rahasianya dibawah berikut ini.

Rahasia agar nasi goreng enak dan lezat yaitu terletak pada pengolahan bumbu dasarnya, bumbu tersebut yaitu “Baceman Bawang” . Bagaimana cara membuatnya?

Inilah cara membuat baceman bawang, simak baik-baik ya?

Bahan-bahan :

  • Bawang putih, 100 gram (25 siung) 
  • Kemiri, 1 biji
Cara membuat :

  1. Bawang putih di kupas dan cuci hingga bersih, lalu tiriskan atau bungkus dengan tisu dan diamkan seharian sampai benar-benar kering dan tidak ada setetes air pun.
  2. Setelah bawang kering, lalu haluskan kemiri dan tumbuk kasar bawang putih tadi.
  3. Kemudian masukan bawang dan kemiri kedalam toples kaca kedap udara, lalu tuangkan minyak goreng sampai semua bahan terendam seluruhnya.
  4. Lapisi bagian tutup toples dengan plastik, lalu tutup rapat jangan sampai ada udara masuk.
  5. Diamkan minimal selama 24 jam sampai berfermentasi.
Setelah bawang putih dan kemiri berpermentasi, maka bumbu pun siap untuk dibuat bumbu masak nasi goreng yang enak dan lezat. Selain dapat melezatkan nasi goreng, bumbu rahasia ini juga dapat dijadikan sebagai bumbu masak sambal goreng, bakmi jawa dan aneka masakan tumisan lainnya.

Bumbu ini dapat bertahan selama 1 bulan, asalkan disimpan dalam wadah tetutup. Semakin lama dilakukan proses fermentasi, maka cita rasa yang akan dihasilkan akan semakin enak dan harum. Namun akan lebih baik jika membuat baceman ini jangan terlalu banyak, sebaiknya buat untuk 1 – 2 minggu habis agar baceman bawang selalu segar.

Pada selama seminggu setelah fermentasi, sebaiknya baceman tetap berada dalam suhu ruang, jika lebih dari satu minggu dapat dimasukan kedalam kulkas.

Pastikan jika mengambil bumbu baceman ini tidak menggonta-ganti semdok, apalagi jika bersamaan dengan bumbu lain karena dapat terkontaminasi dan dapat merubah cita rasanya.

Cara pemakaiannya yaitu :
Ambol bawang putih beserta dengan minyaknya secukupnya sesuai kebutuhan, lalu tumis bersama dengan bumbu masak lain hingga mengeluarkan aroma harum. Baceman ini digunakan sebagai pengganti bawang putih, dan minyak goreng, sehingga anda tidak perlu menambahkan bawang putih dan minyak lagi. Apabila minyak pada toples sudah hampir habis namun bawangnya masih banyak, maka anda dapat menambahkan minyak goreng lagi dan jangan lupa aduk-aduk hingga tercampur rata dan tutup kembali dengan rapat.

Bagaimana, cukup mudah bukan?
Sekarang, langsung saja buat dan coba gunakan pada masakan favorit anda semua.

Selamat mencoba !!!

Advertisement